i like...

i like...

Sabtu, 23 Oktober 2010

Best Friend

Fian lagi suntuk akhir-akhir ini. Ceweknya, Tiwi, gak lama lagi ulang tahun yang ke-17. Yang bikin suntuk, dia belum juga dapet kado yang mau dikasih ke ceweknya yang paling dia sayang itu. Secara hari ulang tahun kan hari yang paling penting buat semua orang. Apalagi yang namanya sweet seventeen, kalo orang tua bilang sih pas ayu-ayunya perawan cewek.
Suntuknya Fian udah nongol pas dia tau kalo 2 minggu lagi ceweknya bakalan ultah. Yang dia tau, Tiwi suka sama semua barang berwarna biru. Mau yang mahal ataupun murah, katanya sih yang penting ikhlas. Tapi gimana caranya Fian bisa beli kado itu, alias gimana caranya dapet money. Uang saku bulanannya udah limit banget.
Sekarang waktunya tinggal 10 hari lagi. Wajah suntuknya dibawa sampe ke sekolah. Sohibnya yang akrab dipanggil Arwo tau-tau nyamperin Fian. Sebenernya sih namanya Arif Prabowo, tapi Fian kan orangnya suka nyingkat-nyingkat kata gitu. Sampe nama temennya sendiri juga disingkat. Katanya sich biar simpel.
“Hwayoo...! Ngapain loe disini? Ngelamun lagi,” teriak Arwo ngagetin Fian.
“Ah loe, Wo. Ngagetin gue aja!” sahut Fian yang sama sekali gak ada semangat.
“Nah loe, napa tu muka? Keriput nekuk-nekuk gitu?, broken heart ya? Hi..hi..”
“Enak aja loe ngomong. Gue lagi kanker ni..”
“What?! Sumpe loe? Sejak kapan? Kenapa loe gak pernah cerita? Udah parah? Kata dokter apa?”
“Dokter nenek moyang loe! Gue kanker alias kantong kering, Arwo sayang...”
“Jiah... Loe kanker sich kanker, tapi eling dong! Gue bukan Tiwi. Enak aja loe panggil gue sayang... Maap-maap aja ya bro, gue masih doyan cewek,”
“Eh, maap juga ni ye... Gue masih punya Tiwi. Lagian siapa juga yang mau nge-homo sama loe?,”
“Iya deh iya... By the way, tadi kenapa?,”
“Gini sob, gue lagi bingung banget... 10 hari lagi kan Tiwi ultah. Nah sampe sekarang gue gak tau mau ngasih apaan...”
“Ooh... Itu sih gampang. Gimana kalo loe kasih yang dia suka?” sahut Arwo seperti seorang ilmuwan tahun 50an.
“Miring loe! Anak balita juga tau kalo gitu, yang gue bingung tu gue dapet duit darimana buat beli kado?” jawab Fian sambil nonjok bahu Arwo.
“Ya dari ortu loe lah! Masa dari gue...”
“Loe makin lama makin miring aja ya? Kayak yang udah gue bilag tadi! Kanker! Duit gue bulan ini udah ekstra limit bro... Ortu juga gak bakal ngasih lagi,”
“Ooh... Apa loe mau pinjem gue dulu?, ntar gampanglah soal gantinya...”
“Kayaknya enggak usah deh... Makasih. Gue mendingan milih kerja aja daripada gue ngerepotin orang lain...”
“Ya udah lah kalo gitu. Terserah. Loe ama gue kayak ama siapa aja...”
“Hhe.. hhe... Loe bantu doa aja gue udah seneng kok... Makasih ya,”
Perbincangan mereka berakhir setelah bel masuk berbunyi. Saat pelajaran dari awal sampe akhir wajah Fian gak berubah sama sekali, masih seperti sebelumnya.
Gak terasa, waktu belajar udah selesai. Yang biasanya Fian nongkrong dulu di kantin, ini malah Fian langsung ke parkiran, alias mau langsung pulang. Arwo yang lagi kebingungan nyariin Fian dikantin dikasih tau sama Boby kalo Fian udah di parkiran. Arwopun langsung berlari ke parkiran. Soalnya Arwo gak tau mau nebeng siapa lagi kalo gak sama bestfriend sejatinya itu.
“Fian! Woi Fian! Tungguin!!!” teriak Arwo yang ngeliat Fian udah hampir keluar gerbang dengan motor bebeknya. Tapi Fian gak denger, tanpa pikir panjang Arwo langsung melayangkan sepatu putihnya yang udah gak putih lagi ke arah Fian.
Plak!!!
“Waduh!” sentak Fian sambil nengok kebelakang dan langsung bisa nebak kalo yang nimpuk dia pake sepatu itu Arwo. “Gila loe! Bisa amnesia gue! Wah, parah... parah...”
“Lagian tu helm nyantol aja di samping gak dipake. Gue ditinggal lagi,”
“Abis gue masih bingung. Mau cepet-cepet aja nyampe rumah. Nyari wangsit siapa tau aja dapet petunjuk,”
“Gaya loe... Kayak dukun aja. Gimana kalo kita ke warung Mpok Mumun aja? Mikirin tentang kadonya si Tiwi sambil makan.”
“Umm... Ya udah deh, rumah juga sepi ini... Ayo, cap cus...”
Fian dan Arwo menuju warung Mpok Mumun. Warung yang selalu setia sama mereka kalo mereka gak sempet sarapan dirumah.
“Siang, Mpok... Tambah cantik aja euy. Gado-gado 2 es jeruk 2 ya, Mpok.” Ucap Arwo semangat.
“Siap bos!” jawab Mpok Mumun yang juga semangat karena warungnya lagi rame.
“Sob... Woi sob! Udahlah, pending dulu mikirnya... Isi perut dulu. Nih, kerupuk tengiri. Loe mau?” bujuk Arwo sambil nyodorin kerupuk tengiri seribuan ke Fian. Tapi Fian masih aja diam tanpa kata. “Ni anak emang bener-bener... Segitu cintanya ama Tiwi, ”
“Wah, anak muda sekarang yang dipikirin cinta mulu nich...” Ucap Mpok Mumun yang tau-tau nongol sambil bawa pesenan Arwo tadi. “Mas Arwo, Mas Fian kenapa tuh?”
“Ini lho Mpok, ceweknya Fian bentar lagi ultah, Fian gak punya duit buat beli kadonya,” jelas Arwo sambil nyedot es jeruknya.
“Oh, gitu...” Ucap Mpok Mumun singkat.
Fian yang udah beberapa menit lamanya berdiam diri akhirnya ngomong, “Iya Mpok. Mpok ada kerjaan gak? Apa gitu... Terserah, yang penting halal,"
“Wah mas, kalo saya sih gak punya lowongan apa-apa. Coba aja tanya sama Bang Mono deh. Itu lho yang duduk di pojok pake topi coklat baju ijo. Dia yang punya bengkel di prapatan situ, yang nama bengkelnya Sumono Yodhoyono. Coba deh siapa tau kan,”
Dengan wajah penuh harap, Fian langsung meninggalkan mejanya dan mendekat ke arah orang yang dimaksud Mpok Mumun. “Misi Bang, Abang yang punya bengkel di prapatan situ ya? Kenalin Bang, saya Fian murid SMA Ayo Maju. Saya lagi butuh pekerjaan nih Bang, tolongin saya dong Bang, please...”
Bang Mono yang lagi makan ketoprak langsung kebingungan. Gimana gak, lagi enak-enaknya makan langsung diserbu sama pertanyaan-pertanyaan Fian. Gak lama setelah itu ketoprak Bang Monopun abis juga. Bang Mono minum coffee mix-nya, terus ngomong, “Gini ya dek, sebenernya sih ada. Kebetulan 2 montir saya lagi cuti, istrinya mau melahirkan. Tapi apa adek bisa sampe jam 9 malem? Adek kan juga harus belajar,”
 “Wah, gak apa-apa deh Bang. Saya rela. Saya mau banget. Soal itu bisa saya atur deh,” wajah Fian langsung sumringah.
“Nah, tu senyum baru nongol. Gue ikutan deh. Itung-itung buat nambah uang jajan. Boleh kan, Bang?” timpal Arwo sambil makan gado-gadonya.
“Ya boleh aja, tapi gaji pertama saya kasih setelah 1 minggu ya. Gaji 1 bulan kan 450 ribu, tapi besok saya kasih 200 ribu dulu. . Ntar sisanya pas akhir bulan ini. Besok juga udah bisa mulai kerja,” jelas Bang Mono.
“Wah, gak apa-apa Bang. Saya bersedia! Saya mau! Makasih banget Bang, makasih... banget...” senyum Fian terus ngembang kayak adonan kue bolu. Fian pun langsung kembali ke mejanya, dan dengan lahap dia abisin santap siangnya.
Satu minggu telah berlalu sejak pertemuan Fian dengan Bang Mono di warung Mpok Mumun. Hari ini Fian dan Arwo udah bisa dapet gaji pertamanya dari Bang Mono.
Keesokan harinya, pas hari Minggu, Fian ngajak Arwo pergi ke Mall buat nyari kado. Fian kepikiran buat beli boneka Doraemon buat Tiwi. Selain suka warna biru, Tiwi juga suka banget sama Doraemon. Pas mereka lewat didepan sebuah toko kado, tau-tau Arwo ngagetin Fian. “Eh, yan! Tuch ada boneka Doramomon tuch!”
“Doramomon adek loe?! Doraemon tau! Mana? Mana?,”
“O iya, hha...hha... Itu lho di dalem. Masuk aja yuk!” Arwo langsung narik tangan Fian kayak narik kambing kurban pas hari raya.
Pas udah didalem toko kado tadi, Fian seneng banget udah nemuin boneka Doraemon yang dimaksud. Tapi pas ngeliat harganya, “350 ribu. Hi waw! Gimana nih? Duit gue dari gaji kemarin gak cukup buat beli ini. Mana ini tinggal satu lagi,” batin Fian sambil celingukan.
Gak disangka Arwo merhatiin tingkah Fian yang keliatan lagi bingung. Arwo mendekat, “Gimana?, Udah kan? Langsung ke kasir aja, nunggu apa lagi?”
“Umm... Harganya is very expensive nich. Jujur, duit gue kurang,” bisik Fian.
“Udah, pake duit gue aja dulu,” bujuk Arwo ke Fian.
“Tapi kan itu gaji loe, trus uang jajan loe gimana?”
“Itu urusan gampang, yang penting loe pikirin Tiwi aja dulu. Bikin dia seneng,”
“Thanks banget ya sob, makasih. Arigatou. Matur suwun...”
“Iya... Iya... Sama-sama. Kan kita temenan emang buat saling ngebantu,” ucap Arwo sambil ngerangkul bahu Fian menuju ke kasir.
Hari ulang tahun Tiwi akhirnya tiba juga. Acaranya mulai jam 7 malem di rumah Tiwi. Fian dandan abis-abisan. Jas item, kemeja putih dan celana item udah rapi dipake di badan Fian. Tinggal disemprot parfum, langsung berangkat.
Fian nyampe pas Tiwi mau tiup lilin dan potong kue. Tiwi keliatan cantik banget malem itu. Kebetulan Tiwi pake gaun hitam-putih, jadi serasi banget sama Fian. Abis itu, Fian deketin Tiwi dan langsung jongkok di depan Tiwi sambil nyodorin bungkusan kado yang cukup gede hasil kerja kerasnya kemarin. Wajah Tiwi merah padam, semua mata saat itu tertuju kearah dua sejoli yang saling berpandangan itu.
“Happy birthday, my princess,” ucap Fian yang masih nyodorin kadonya.
“Thank you... Umm... Makasih banget, aku gak tau harus ngomong apa lagi,” jawab Tiwi sambil nerima kado dari Pangeran Fian.
“Gak usah ngomong apa-apa, kamu senyum aja aku udah seneng banget...” jawab Fian sambil mencoba untuk berdiri. “Cuma ini yang bisa aku kasih ke kamu, semoga kamu suka ya...” lanjut Fian yang buat wajahnya Tiwi jadi tambah merah kayak tomat.
Plok! Plok! Plok!
Suara riuh tepuk tangan para tamu undangan Tiwi mengagetkan Fian dan Tiwi yang sedang malu-maluan. Sesekali ada yang berteriak, “Cium! Cium! Cium!” membuat mereka menjadi semakin salah tingkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar